Manfaat Air Mata

airmata

Dalam hidup, tak akan hanya ada canda dan tawa, tapi juga kesedihan yang disertai air mata.

Wanita dianggap lebih mudah menangis, mungkin saja benar. Rata-rata, wanita menangis sebanyak 47 kali dalam setahun sedangkan pria menangis hanya 7 kali setahun. Hal ini bukan hanya karena perempuan dianggap lebih emosional, lebih lemah dibandingkan pria, dari fakta medis diketahui bahwa saluran air mata pada laki-laki memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan pada wanita. Sedangkan pada bayi, durasi normal menangis mereka antara 1 – 3 jam sehari.

Sebagian orang berpendapat menangis tak akan merubah apapun, namun faktanya air mata yang kita keluarkan saat menangis memiliki banyak manfaat untuk psikis maupun tubuh kita.

Dengan menangis, perasaan seseorang bisa menjadi lebih lega. Sebanyak 85% wanita dan 73% pria mengakui bahwa rasa marah dan kesedihan akan berkurang setelah menangis. Hal ini dikarenakan Setelah menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega. Setelah itu, mood seseorang akan terangkat kembali karena Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

Air mata ternyata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu “endorphin leucine-enkaphalin” dan“prolactin.” Sehingga dapat membuat perasaan stres berkurang. Hal ini tentu saja sangat baik untuk kesehatan, karena stres bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan seseorang. Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-2 yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi.

Air mata tidak hanya diproduksi oleh perasaan emosional saja, Air mata juga berfungsi untuk membersihkan dan melumasi mata, cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur. Karena dengan menangis mata kita akan dibasahi oleh airmata tersebut yang mengandung beberapa zat yang berguna.

Membunuh bakteri juga merupakan fungsi dari air mata. Tak perlu obat tetes mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai antibakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan “lisozom” yang dapat membunuh sekitar 90-95 persen bakteri-2 yang tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin dan tempat-2 yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit.

Nah, banyak sekali bukan manfaat dari air mata. Tuhan memang menciptakan sesuatu pasti ada manfaatnya,itulah keagungan Tuhan yang tak tertandingi dibandingan dengan apapun itu…

Maka, jangan malu lagi untuk menangis “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” Q.S Al-Insyiraah ayat 5-6

sumber gambar :

https://www.google.com/search?q=air+mata&client=firefox-a&rls=org.

Tinggalkan komentar